SEKILAS KOTA TERNATE

Pembaharuan terakhir 2020-12-24 00:00:00 164 hits

Nama Kota Ternate lebih dulu digunakan untuk menyebut daerah perkotaan yang berada di tengah Pulau Ternate, yang kini menjadi lokasi ibu kota Provinsi Maluku Utara. Namun, Kota Ternate juga merupakan sebutan resmi wilayah administratif yang meliputi delapan pulau, yaitu Ternate, Moti, Hiri, Mayau, Rifure, Maka, Mano, dan Gurida. Tiga pulau terakhir tidak berpenghuni.
lang22.jpgKerancuan itu muncul dengan keluarnya Undang Undang Nomor 22 tahun 1999 yang mengatur tentang pemerintahan daerah. Dengan UU ini, secara resmi wilayah administratif ibu kota Maluku Utara itu berstatus kota menggantikan sebutan kotamadya yang selama ini digunakan. Sebagai konsekuensinya Kotamadya Ternate berubah sebutan menjadi Kota Ternate.

Luas daratan Kota Ternate sekitar 207 kilometer persegi. Sedangkan luas lautan dua puluh enam kali lipat, 5.547 kilometer persegi. Wilayah ini di penghujung tahun 1999 dikagetkan oleh kerusuhan yang berbau SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan), namun di awal tahun 2003 kota ini sudah menemukan rasa aman kembali.

KOMENTAR